17 TAHUN CORDLIFE SEBAGAI BANK TALI PUSAT TERPERCAYA

Hi Mommies semua, apa kabar?

Kali ini aku mau share mengenai pengalaman ku seminggu yang lalu menghadiri sebuah acara yang sangat sarat akan keilmuan namun dikemas dengan very very fun casual event. Yupp, untuk kesekian kali nya Cordlife Indonesia mengajak aku di keseruan event nya.

Event kali ini cukup spesial karena tepat di bulan Mei 2018 Cordlife Group merayakan hari jadi yang ke 17 tahun. WOW! its very long and sweet number. 17 tahun bukan angka yang kecil apalagi untuk ukuran sebuah perusahaan berdiri. Cordlife menyebut perayaan ini sebagai 17 years of quality, 17 tahun dalam menjaga kualitas.

Mari Mengenal Cordlife

Sebelum nya apakah Mommies sudah tahu mengenai Cordlife? Cordlife sendiri adalah Perusahaan Bank Darah Tali Pusat pertama di Indonesia sejak tahun 2001, namun sejak 17 tahun yang lalu Cordlife sudah ada di negara-negara asia seperti Singapura, Hong Kong, India, Malaysia & Filipina.

Dari nama nya pasti kebayang yah Mom, bahwa yang di simpan adalah darah tali pusat baby yang didapatkan sesaat ketika kita melahirkan. Pertanyaan selanjut nya adalah, mengapa darah tali pusat baby ini harus di simpan, apa manfaat nya?

Nah, di kesempatan ini pula Cordlife mengadakan talkshow berjudul “Expert Talk – baby’s Umbilical Cord: Enhacing Quality of Life” yang bertujuan ingin memberikan informasi terbaru mengenai penggunaan dan manfaat stem cell (sel punca) yang di dapatkan dari sel darah tali pusat baby yang di simpan serta ingin mengedukasi kita semua mengenai pentingnya menyimpan tali darah pusat.

Acara berlangsung di restauran Sea Grain Double Tree by Hilton Jakarta di buka oleh Ibu Retno Suprihatin selaku Country Direktur PT Cordlife Persada dengan menghadirkan 4 narasumber di acara talkshow ini yaitu:

  • Dr Edi Setiawan Tehuteru, SpA(K), MHA
  • Dr Ardiansjah Dara, SpOG
  • Bp. Indra Bachtiar, PhD
  • Dr. Meriana Virtin

Sharing Dr Edi Setiawan Tehuteru, SpA(K), MHA

Dr Edi adalah dokter anak senior (konsulen) dari RS Kanker Dharmais.Dalam sesi ini Beliau lebih banyak sharing mengenai pengalaman nya melakukan transplatasi stem cell yang bersumber dari sum sum tulang belakang untuk kasus leukemia di Italia pada tahun 2012. Stem cell atau sel induk ini adalah terapi masa depan untuk berbagai kasus cancer terutama cancer darah. Dr Edi menyampaikan bahwa pengambilan sel punca dari sum sum tulang belakang sangat menyakitkan bagi pendonor, selain itu sulit mencari donor yang benar-benar bisa match dengan genetik penerima donor. Pendoronor haruslah mempunyai ikatan darah yang sangat dekat dengan penerima donor, seperti kakak atau adik nya.

 

DSC_1165 [1280x768]
sesi sharing dr Edi yang di moderatori oleh dr Meri

Untuk itu menyenangkan sekali saat ini sel punca bisa di dapatkan dengan mudah sesaat setelah baby di lahirkan. Sejak tahun 1988, sel punca darah tali pusat telah digunakan untuk mengobati sejumlah penyakit yang jumlahnya terus bertambah , termasuk kelainan darah dan metabolik, gangguan imunodefisiensi dan penyakit autoimun. Sel ini telah terbukti berguna dalam pengobatan kanker dan kelainan darah seperti neuroblastoma, leukemia dan limfoma dan talasemia. Jangan pusing yah Moms, baca nama-nama medis ini 😀

Cara kerja dari sel punca ini adalah ketika ditransplantasikan kepada pasien, sel punca hematopoietik (jenis nya) bermigrasi ke dalam sumsum tulang dan memproduksi sel darah yang baru, meningkatkan sistem imunitas (daya tahan tubuh). Dengan kemajuan tekknologi yang cepat, jumlah penyakit yang dapat diobati dengan terapi sel punca diharapkan bertambah.

Sharing Dr Ardiansjah Dara, SpOG

Menarik sekali saat Dr. Dara memulai presentasi nya bahwa anak kedua nya adalah anak Cordlife, karena darah dan tali pusat anak kedua Dr.Dara di simpan di Cordlife. Sebagai seorang dokter ahli kandungan, Dr. Dara menyampaikan bahwa dia termasuk yang terlambat menyadari bahwa sel darah tali pusat baby saat dilahirkan itu sangat penting sekali di simpan. Ketika mengetahui manfaat besar atas penyimpanan sel darah tali pusat ini, dr dara langsung memutuskan menyimpan sel darah tali pusat anak kedua nya di Cordlife.

 

DSC_1182 [1280x768]
dr Dara sedang bercerita mengenai proses kelahiran anak kedua nya
Dr Dara juga menyampaikan bahwa stem cell dari darah dan tali pusat ini dapat digunakan untuk diri sendiri dan orang lain “kasus keberhasilan terbaru yang saya baca adalah penggunaan stem cell milik diri nya sendiri untuk kasus cerebral palsy dan untuk kasus thalasemia yang berasal dari milik saudara nya. Dari kasus tersebut menunjukan bahwa stem cell memberikan dampak yang baik dalam perkembangan kesehatan nya”.

 

Di sini Dr. Meriana Virtin, Medical Advisor PT Cordlife Persada juga menambahkan bahwa stem cell yang berasal dari darah tali pusat memiliki kelebihan yaitu selain proses pengambilan nya tidak menyakiti, juga tersedia langsung bila membutuhkan nya dalam waktu segera.

Dr. Dara kembali menambahkan bahwa jangan sampai para orang tua yang sedang menyiapkan kelahiran buah hati nya kehilangan kesempatan untuk menyimpan darah tali pusat bayi nya yang hanya dapat dilakukan sesaat setelah bayi di lahirkan.

Sharing Bp. Indra Bachtiar, PhD

Bp. Indra adalah Ilmuwan stem cell dari Regenic yaitu Laboratorium yang bekerja sama dengan Cordlife untuk pemprosesan stem cell darah tali pusat yang akan di gunakan.

 

DSC_1176 [1280x768].JPG
Tim dari Lab Regenic yang sharing bagaimana mereka memastikan bahwa sel darah yang di proses akan menghasilkan milyaran sel-sel baru yang siap di gunakan
Jadi bila tali pusat yang disimpan akan di gunakan maka Regenic yang akan melakukan pemrosesan selanjut nya. Dibutuhkan waktu sekitar 1 bulan bagi Regenic untuk mengembang biakan sel-sel punca ini mencapai milyaran sel sehingga siap di gunakan. Regenic adalah laboratorium yang telah berskala international karena telah tersertifikasi ISO dan sertifikasi international lain nya. Regenic sendiri masih bagian dari group farmasi raksasa Indonesia yaitu PT Kalbe Farma.

 

 

DSC_1190 [1280x768].JPG
Para Narasumber mendapatkan piagam penghargaan dari Cordlife
Well, ini kesimpulan atau take home message yang aku dapatkan setelah mengikuti talkshow dari para expert

 

  1. Sel darah tali pusat mengandung milyaran sel punca yang sangat berguna sekali untuk terapi pengobatan masa depan terutama untuk penyakit-penyakit yang berhubungan dengan darah seperti kanker darah (thalasemia & leukemia)
  2. Pengambilan sel darah tali pusat tidak menyakitkan berbeda bila di ambil dari sumsum tulang belakang. Pengambilan sel punca dari sumsum tulang belakang sangat menyakitkan bagi pendonor.
  3. Pengambilan sel darah tali pusat hanya bisa sekali dalam satu life cycle kehidupan seseorang, yaitu hanya saat dia di lahirkan. Hanya di saat sesaat setelah seorang Ibu melahirkan baby nya.
  4. Pastikan kita memilih Bank tali pusat yang terpercaya karena pengalaman nya menjaga kualitas karena durasi penyimpanan tali darah pusat itu untuk jangka waktu yang lama sehingga harus pastikan bahwa Bank penyimpan yang kita tunjuk sehat dan di akui keberadaan nya oleh negara. Cordlife telah memegang kepercayaan ini selama 17 tahun dan akan selalu meningkatkan pelayanan nya.

Terakhir aku ingin menyampaikan Happy Celebrate 17th Years of Quality Cordlife and please keep it up! Semoga terus menjadi Bank Darah Tali Pusat terpercaya dan No 1 di Indonesia!

DSC_1202 [1280x768].JPG
Tim Marketing & Sales Cordlife yang siap membantu kita semua mendapatkan informasi terkait penyimpanan sel darah tali pusat
Untuk detail mengenai pelayanan apa saja yang bisa di lakukan oleh Cordlife please go thru ke website mereka, yaitu di www.corlife.co.id atau bisa juga follow Instgram @cordlifeindoensia karena di sana banyak sekali informasi-informasi terkait event maternity yang sangat menarik.

 

Pssstt! Aku juga mau kasih bocoran kalau price list penyimpanan sel darah tali pusat di Cordlife itu sangaaaat terjangkau loh Moms, hanya senilai harga 3 cangkir kopi di cafe langganan kita. Mau tahu detail? Langsung aja klik ke sini http://www.cordlife.co.id/in/download-information-pack/  VTAB2778 Cordlife juga menyediakan pemeriksaan Non-invasive Prenatal testing (NIPT) yaitu tes awal kehamilan untuk mengetahui kelainan kromosom bawaan pada bayi dan MetaScreenTM sebagai skrining kelainan metabolisme pada baby baru lahir dimana skrining ini tidak menggunakan pengambilan darah melainkan menggunakan urin baby sehingga tidak menyakiti baby kita.    

So, sampai di sini dulu yah informasi terkait Cordlife, next kalau ada informasi terupdate lagi akan aku share. Bila ada yang mau di tanyakan ke aku juga jangan segan, just drop your question bellow. Many thanks for stop by :*

 

 

Xoxo,

VibrieVB

Advertisements

2 Comments Add yours

  1. Swastivita says:

    Ternyata banyak sekali manfaatnya ya mba.. ❤

    Like

  2. wennytendean says:

    Keren banget ya cordlife. Suka deh sering ngadain acara yg selalu mengedukasi 😊

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s